Utusan MUI Belitung Hadiri Pembukaan Ijtima’ Ulama Komisi Fatwa MUI se-Indonesia ke-VIII di Islamic Center Sungailiat

Berita fatwa

BANGKA: Utusan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Belitung menghadiri acara pembukaan Ijtima’ Ulama Komisi Fatwa MUI se-Indonesia ke-VIII yang digelar pada Rabu (29/5/2024) pukul 10.00 WIB di Islamic Center Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung.

Acara ini diresmikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. KH Ma’ruf Amin, yang hadir bersama istri, Hj. Wury Ma’ruf Amin, dan rombongan staf kepresidenan. Pj Gubernur Bangka Belitung, Safrizal ZA, beserta Forkopimda Babel dan sejumlah undangan lainnya juga turut menghadiri acara bergengsi ini.

Ketua MUI Kabupaten Belitung, Sjubki Sulaiman, melalui Sekretarisnya, Drs. Huniyadi Bellia, membenarkan keikutsertaan mereka dalam Ijtima’ Ulama ke-VIII ini.

 

Utusan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Belitung menghadiri acara pembukaan Ijtima’ Ulama Komisi Fatwa MUI se-Indonesia ke-VIII

 

MUI Kabupaten Belitung mengirimkan 11 perwakilan yang terdiri dari dua orang unsur Dewan Pertimbangan, lima orang dari unsur Dewan Pimpinan Harian, dan empat orang dari unsur Komisi Fatwa MUI Kabupaten Belitung.

Ijtima’ Ulama Komisi Fatwa MUI se-Indonesia ke-VIII kali ini membahas tiga isu utama yang sangat relevan dengan kondisi umat saat ini:

1. Problematika Pengelolaan Haji dan Zakat**: Topik ini dibahas oleh Prof. Hilman Latief, MA, Ph.D., Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag RI, bersama Ketua Badan Amil Zakat Nasional, Prof. Dr. KH Noor Achmad, MA, dan Ketua Badan Pelaksana BPKH, Fadlullmansyah. Pembahasan difokuskan pada upaya mewujudkan kemaslahatan dalam pengelolaan haji dan zakat.

2. Mengokohkan Kedaulatan Nasional di Tengah Geopolitik Global:
Dalam sesi ini, narasumber yang hadir adalah perwakilan dari Menteri Luar Negeri, Muhsin Syihab. Diskusi ini bertujuan untuk memperkuat kedaulatan Indonesia di tengah dinamika geopolitik global yang terus berubah.

3. Relasi Hubungan Antar Agama dalam Konteks Hubungan Antar Bangsa.
Sesi ini dipandu oleh Ketua Dewan Masjid Indonesia, DR. (H.C) Drs. H. Muhammad Yusuf Kalla, yang membahas pentingnya membangun hubungan harmonis antar agama dalam kerangka hubungan antar bangsa.

Pembukaan Ijtima’ Ulama ke-VIII ini ditandai dengan pidato resmi dari Wakil Presiden Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin di Islamic Center Bahrul Ulum, Sungailiat, yang menekankan pentingnya peran ulama dalam memberikan panduan dan solusi bagi berbagai persoalan umat. Acara ini diharapkan mampu menghasilkan rekomendasi fatwa yang bermanfaat bagi umat Islam di Indonesia.

Kehadiran utusan MUI Belitung dalam acara ini menunjukkan komitmen mereka dalam mendukung kegiatan nasional yang berfokus pada pembahasan isu-isu penting keumatan, serta memperkuat peran MUI dalam membangun bangsa dan negara melalui pendekatan agama yang damai dan konstruktif.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × three =

CAPTCHA ImageChange Image